Sep 9, 2008

Perkenalan

Assalamualaikum. wr. wb

Selamat datang di kampungmalang.blogspot.com dan ayas sampaikan salam persahabatan buat nawak-nawak semua. Yakpo kabare ker? Kipa-kipa ae kan? Mugo-mugo umak-umak podho sehat kabeh, lak ngono a ker? Ya itulah sebagian dari bahasa khas Malangan yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari masyarakat di Malang, terutama di kalangan anak-anak mudanya. Disamping dikenal dengan Aremania'nya atau Singo Edan, Malang juga dikenal dengan gaya bahasanya yang dibolak-balik tersebut (boso walikan). Nama blog kampungmalang ini hanya merupakan suatu istilah agar lebih terasa familiar/akrab da bukan merupakan nama tempat kampung malang yang ada di Surabaya.

Blog ini dibuat dengan maksud untuk lebih mengenalkan kota Malang kepada siapa saja yang ingin mengetahui lebih banyak tentang kota Malang khususnya dan daerah lain di sekitarnya, terutama dari sisi keseniannya. Dan tidak menutup kemungkinan juga topik lain yang sifatnya lebih umum. Agar lebih terasa Malangannya maka bahasanya juga memakai bahasa Malangan/ walikan dan tidak ada maksud sedikitpun dari penulis untuk mengarah kepada hal yang sifatnya rasialis maupun kedaerahan. Umak-umak osi itreng kan?

Malang disamping sebagai kota pendidikan juga kanyab mempunyai kesenian-kesenian daerah, baik yang sifatnya tradisional, semi-tradisional, maupun yang modern. Seperti tari topeng, wayang kulit, wayang orang, jaranan/ kuda lumping, tayub, kethoprak, ludruk, keroncong, campursari, terbang jidor, sholawat dan lain-lain. Tiap daerah tentu mempunyai ciri khasnya masing-masing, begitu juga dengan Malang. Dengan alasan itulah penulis bermaksud mengangkat topik-topik Malangan tersebut dalam bentuk tulisan, liputan, interviews dan lain-lain ke dalam blog ini. Dan memang sudah sepantasnya hal-hal seperti ini juga perlu untuk mendapatkan perhatian dari kita semua. Di samping sebagai wujud kepedulian juga sekaligus sebagai bentuk perhargaan kepada mereka (para tokoh/ pelaku seni) atas jasa-jasa mereka untuk tetap mempertahankan serta melestarikan kebudayaan bangsa ini. Oyi a ker?

Untuk itu saya mengharap adanya dukungan dari teman-teman semua. Silahkan teman-teman memberikan comment, saran, usul, maupun request pada blog ini. Trims.

Wassalam.

Labels:

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Ide yang bagus, saya tertarik mengenai kesenian Malang. Saya tunggu posting-posting selanjutnya. Trims.

October 3, 2008 at 4:10 AM  
Anonymous Anonymous said...

numpang lewat, selamat buat blog anda, stay update.

October 5, 2008 at 5:27 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home